Budiman Purba, Direktur Bumdesa Buduma Sergei Dilantik Sebagai Ketua PBI Sumut

by indonesia98

INDONESIA98.COM(Sumut): Dalam Upaya peningkatan eksistensi dan kemajuan Bumdesa (Badan Usaha Milik Desa) yang ada di Indonesia, Perserikatan Bumdesa Indonesia sebagai wadah berhimpun pelaku Bumdesa melakukan pembentukan kepengurusan daerah di 34 provinsi yang dilaksanakan secara Daring.

Pembentukan dan pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Perserikatan Bumdesa Indonesia (DPD PBI) secara daring yang diikuti 34 Provinsi dari seluruh Indonesia, dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Sumpah Pemuda ke-92 tahun, 28 Oktober 2020.

” Kegiatan ini diharapakan dapat menjadi wadah silaturahmi sesama Pengurus Bumdesa yang ada di Indonesia, dimana dalam data yang ada di kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ada sekitar 45.000 Bumdesa yang ada di Indonesia dan saat ini dalam proses pendaftaran registrasi di Kementerian desa yang nantinya akan diterbitkan nomor registrasi Badan Usaha Milik Desa,” sebut Prof Dr Djarot Sulistio Wisnu Broto selaku Ketua Dewan Pembina Perserikatan Bumdes Indonesia.

” Dengan adanya Perserikatan Bumdesa Indonesia dapat menjalin silaturahmi dan saling bertukar informasi dalam perkembangan Bumdesa, dimana dengan hadirnya Bumdesa memiliki peran dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan di desa,” ungkap Djarot lagi.

Dalam Pembacaan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Perserikatan Bumdesa Indonesia menetapkan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Utara terdiri atas susunan Ketua Budiman Purba dari Kabupaten Serdang Bedagai, Wakil Ketua I Damyadi Ishak Dari Kabupaten Langkat, Wakil Ketua II M Amin Lugito dari Kabupaten Simalungun dan Wakil Ketua III Maetinus Laoli Dari Kota Gunung Siitoli Kepulauan Nias.

Budiman Purba selaku Direktur Bumdesa Buluh Duri Mandiri desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai menyampaikan setelah dilaksanakannya Pelantikan sebagai Ketua DPD Perserikatan Bumdesa Indonesia Provinsi Sumatera Utara akan menyusun Rencana Kerja dan Kelengkapan Kepengurusan Provinsi Sumatera Utara.

” Setelah pelantikan ini pengurus akan menyusun Rencana Kerja dan kelengkapan kepengurusan provinsi dan beraudensi dengan dinas dan instansi terkait dalam pengembangan Bumdesa di Sumatera Utara serta akan melakukan pengembangan dengan pembentukan Bumdesa di kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara,” kata Budiman.

Pelantikan secara daring dihadiri Sariyanta, SPD Ketua Umum PBI, Ir.Rudolf Panggabean Wakil Ketua I PBI, Suyatno, ST.MT Sekjen PBI, Sigit Wahyudi Wakil Ketua II PBI dan Muhammad Zaid, Wakil Ketua III PBI. (Tf)

Baca Juga