Tengku Ryo Maestro Violin Hadiri Acara Pencanangan Kampung Ramadhan Ujung Tanjung

Tengku Ryo, dari garis Ibu, merupakan keturunan Tengku Hamzah Al Hajj digelar Tengku Pangeran Tanjung Pendiri Kota Tanjung Pura Langkat-Sumut.(fhoto:Tengku Rio)

INDONESIA98.COM(Langkat): Kegiatan silaturahmi Keluarga Besar Tengku Soran Bin Tengku Pangeran Jambak berjalan dengan lancar dihadiri oleh anak ,cucu dan cicit yang berhadir di Kampung Ujung Tanjung,13/3/2022.

” Kita sepakat menyebutnya kampung Ujong Tanjong karena ada makam Pangeran Tanjong di kampong itu,” ungkap Tengku Fachrizal dari Keluarga Besar Tengku Soran.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Dijelaskan Fachrizal bahwa Kampung Ujung Tanjung ini secara administratif berada di desa Cempa Kecamatan Hinai. Tepatnya berbatasan dengan Kelurahan Pekan Tanjung Pura Kecamatan Tanjung Pura Langkat.

Masyarakat biasa menyebut dengan nama ‘ Lorong Makam ‘ karena ada makam pendiri kota Tanjung Pura di lorong itu.

” Silaturahmi ini sekaligus pelaksanaan gotong royong dan pencanangan Kampung Ramadhan Ujung Tanjung, sekaligus pengesahan nama mushola yang sebelumnya bernama Nurul Iman menjadi Mushola Al Hamzah,” sebut Tengku Yans Fauzie Mochrin.

Kegiatan gotong royong ini juga dihadiri Tengku Ryo yang merupakan Maestro Violin yang telah mendedikasikan hidupnya bagi pengembangan budaya Melayu yang telah melahirkan sebuah karya Hyme ‘Tanah Melayu’.

Tengku Ryo, dari pihak Ibunya, merupakan keturunan langsung Tengku Hamzah Al Hajj digelar Tengku Pangeran Tanjung
Pendiri Kota Tanjung Pura Langkat Sumatera Utara.

” Perlunya menjaga adat-budaya dan bagaimana situs-situs budaya juga makam-makam bersejarah yang ada dicatatkan sebagai Cagar Budaya agar dapat dilestarikan dan dapat terpelihara,” ungkap Ryo.

Dalam kegiatan ini diserahkan wakaf keluarga dalam mendukung kelancaran beribadah di Mushola Al Hamzah Kampung Ujung Tanjung kepada Nazir dan Imam mushola Al Hamzah yang telah dipilih melalui musyawarah Keluarga Besar Tengku Soran bersama masyarakat Ujung Tanjung.(Tfm/I98)

banner 728x250

Pos terkait

banner 728x250