Penutupan PMM Batch 3 UMSU Hadirkan Parade Budaya Nusantara

INDONESIA98.COM, MEDAN – Penutupan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang diikuti 386 mahasiswa dimeriahkan pagelaran parade budaya nusantara.

Acara penutupan oleh Rektor UMSU, Prof.Dr.Agussani, MAP digelar di auditorium Kampus di jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, malam Sabtu, 19/1). Atraksi budaya nusantara berupa tarian dan lagu dari berbagai daerah nusantara ditampilkan para mahasiswa inbound dari 55 perguruan tinggi se-Indonesia yang mengikuti perkuliahan satu semester di Kampus UMSU.

Bacaan Lainnya

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP memberikan apresiasi atas pelaksanaan PMM Batch 3 yang berjalan sukses. Selama 4 bulan pelaksanaan program yakni Oktober 2023 – Januari 2024 terdapat dua kegiatan mahasiswa yaitu akademik dan modul nusantara yang bertujuan memperkenalkan budaya dan ragam etnik lokal yang ada di Sumatera Utara.

Selain melepas mahasiswa PMM, Rektor turut menyambut 274 mahasiswa UMSU yang telah Kembali dari pelaksanaan kegiatan PMM selama 4 bulan di berbagai Universitas seluruh Indonesia. Pada sambutannya, Rektor UMSU Prof. Agussani mengaku, terharu dengan pelepasan mahasiswa PMM batch 3.

“Saya sangat terharu karena ini program yang sangat luar biasa berdampak bukan saja pada proses pertukarannya, tapi yang sangat penting adalah nilai-nilai kebersamaan, pembelajaran dan budaya,” ujar Prof. Agussani.

Dia juga sangat bersyukur karena kegiatan ini dapat membentuk kebersamaan lintas perguruan tinggi, dan disarankanmembentuk grup alumni PMM agar terjalin kebersamaan meski program telah selesai.

“Terima kasih kepada seluruh pengurus dan PIC PMM yang terlibat. Mudah-mudahan ananda bisa menyampaikan ke daerah asal bahwa Sumatera Utara dan UMSU dapat menjadi corong dalam mengelola Pendidikan Tinggi,” kata Prof. Agussani.

Ainur Rohma Zahra Inbound Mahasiswa PMM Batch 3 asal Universitas Brawijaya berkesempatan menyampaikan pesan dan kesannya. Dia berharap UMSU bisa lebih maju dan unggul lagi menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat berkontribusi untuk negara.

“Untuk teman-teman ternyata lebih sulit meninggalkan kota Medan ini, terima kasih untuk segala momen kebersamaan. Perpisahan bukanlah akhir sampai jumpa di pertemuan lainnya,” kata Ainur.

Kesan senada juga diungkapkan Yudi Firmansyah mahasiswa PMM UMSU yang berkesempatan kuliah di Universitas Brawijaya menceritakan pengalamannya selama melaksanakan PMM.

“Alhamdulillah, selama PMM di Universitas Brawijaya, saya berkesempatan menjadi panitia MTQ Mahasiswa Nasional XVII dan saya langsung mendampingi khafilah dari UMSU. Terima kasih atas supportnya Bapak Rektor dan bapak WR III yang bersedia mengunjungi kami ke Malang. Semoga PMM dapat terus berjalan dan memberikan kesempatan,” kata Yudi.

Sebelumnya, PIC PMM UMSU Dr. Mandra Saragih, S.Pd., M.Hum melaporkan bahwa mahasiswa Batch 3 akan dihandarkan hingga ke bandara pada 22 Januari. Lalu, pada pertengahan Februari UMSU akan menyambut 45 mahasiswa PMM Batch 4. Sementara itu, saat ini mahasiswa UMSU yang melaksanakan PMM tersebar di seluruh daerah Indonesia yakni 230 mahasiswa di pulau jawa, 24 mahasiswa di Nusa Tenggara, 12 Mahasiswa di Papua, 12 Mahasiswa di Sulawesi hingga 2 Mahasiswa di Kalimantan.

Pelepasan ini diisi dengan rangkaian acara kreatif dan parade dari peserta PMM yang dihadiri oleh Dekan, Dosen Modul Nusantara dan sivitas akademika UMSU. (Hn)

Pos terkait

banner 728x250