PDM Medan Gelar Silaturahim Syawal dan Pengajian Bersama PP Muhammadiyah

INDONESIA98.COM, MEDAN – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan menggelar silaturahim Syawal 1445 H dirangkai dengan pengajian akbar bersama PP Muhammadiyah yang berlangsung di kampus Pascasarjana UMSU Jl Denai Medan, Minggu (5/5).

Pengajian diisi oleh Ustadz Prof. H. Hilman Latief, M.A., Ph.D selaku Bendahara Umum PP Muhammadiyah dan turut hadir Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, Wakil Rektor III Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, MPd sekaligus sebagai Bendahara PDM Kota Medan.

Bacaan Lainnya

Selain itu hadir juga di antaranya Ketua PWM Sumut Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution, MA, Ketua Aisyiyah Sumut Dr. Nur Rahmah Amini, M.Ag, Ketua PDM Kota Medan Maulana Siregar, Ketua MUI Kota Medan, unsur dari institusi pemerintah dan ortom Muhammadiyah.

Acara silaturahim akbar kali ini diramaikan 1.300 jamaah yang datang dari cabang dan ranting Muhammadiyah se-Kota Medan.

Dalam pesan tausiyahnya, Ustadz Hilman Latief mengawalinya dengan ucapan rasa bangganya pada Muhammadiyah Sumut dan UMSU telah terpilih sebagai tuan rumah Muktamar pada 2027 mendatang.

Setelah rasa bangga itu dia ucapkan, kemudian Dirjen Haji dan Umroh Kemenag RI itu mengingatkan kembali kepada warga Persyarikatan tentang salah satu pesan Muktamar Surakarta 2022 yaitu visi risalah Islam berkemajuan.

Menurut Hilman Lathief, visi itu kembali ditegaskan Muhammadiyah karena sangat penting dan menjadi landasan dalam menggerakkan organisasi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Selain itu menggerakkan Ortom, sekolah, rumah sakit, perguruan tinggi serta amal usaha lainnya.

Hilman Lathief mengatakan, risalah Islam berkemajuan adalah menempatkan Islam dan gerakan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah yang senantiasa menyerukan pada kebaikan secara sosial, politik, ekonomi dan agama. Dan tentunya saja kita berusaha tidak terjadi kemunkaran dalam level apapun di berbagai bidang.

“Ini (risalah Islam berkemajuan-red) tidak boleh hilang, apapun posisi dan jabatan kita. Apakah sebagai pimpinan, baik menjadi pimpinan amal usaha dan organisasi. Sebagai anggota pun demikian,” katanya.

Kemudian, Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan pembaharuan. Sebuah gerakan yang senantiasa mencari solusi dari berbagai persoalan yang muncul dengan cara-cara baru, sehingga ajaran-ajaran Islam itu sesuai dengan kebutuhan sosial dan ekonomi manusia dan lingkungan.

Pandangan tajdid itu, lanjut Hilman Latief, adalah melihat sesuatu selalu ke depan dan maju bukan ke belakang. Untuk itu, tafsir-tafsir baru harus dikeluarkan dan cara beragama pun harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Hilman Latief mengatakan, gerakan tajdid tidak mudah, namun KH Ahmad Dahlan telah melakukan hal itu dengan berbagai macam problematikanya.

Berkaitan dengan gerakan tajdid, Hilman Latief mengaku bangga UMSU dan Muhammadiyah Sumut telah memiliki Observatorium Ilmu Falak. Dia katakan itu satu langkah yang luar biasa dan menjadi pusat pencerahan agama dan sains di Sumut.

Sebelumnya, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dalam sambutannya mengatakan silaturahim Syawal yang diadakan dua hari berturut-turut di UMSU adalah wujud dari komitmen dan sinergitas antara Persyarikatan dengan amal usaha. Rektor mengajak warga Persyarikatan untuk terus mendukung kemajuan amal usaha guna mewujudkan gerakan dakwah dan tajdid di Sumut.

Rektor mengucapkan terimakasih kepada Ketua PP Muhammadiyah Dr. H. M. Saad Ibrahim, M.A dan Bendahara Umum PP Muhammadiyah yang telah hadir dalam acara silaturahim Syawal dan meninjau lokasi Muktamar di Deliserdang, Sumut.

Ketua PDM Kota Medan Maulana Siregar menyampaikan rasa bangga silaturahim Syawal bisa hadiri unsur dari PP Muhammadiyah bersama warga Persyarikatan di kota Medan.

Silaturahim Syawal dirangkaikan dengan pelepasan calon jamaah haji dari warga Persyarikatan yang ditandai dengan pemakaian pin dan tanda Calhaj Muhammadiyah oleh PP Muhammadiyah, Ketua PWM, Ketua Aisyiyah, Ketua PDM kota Medan dan Rektor UMSU. (Hn)

Pos terkait

banner 728x250